-->

Peluang UKM Yang Menjanjikan di Indonesia

Peluang UKM Yang Menjanjikan di Indonesia - Bisnis UKM merupakan salah satu bisnis yang banyak peminatnya di Indonesia, karena dari segi modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak dan risiko kerugian yang minim. UKM di Indonesia ini menyumbang sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan bisa memberikan lapangan kerja baru kepada masyarakat sekitar. Tidak heran bila perkembangan UKM di Indonesia berkembang semakin pesat, apalagi dengan dukungan pemerintah pusat yang semakin gencar membuat bisnis UKM semakin maju.

Namun tidak sedikit dari kita yang masih bingung dalam memilih usaha UKM yang menjanjikan untuk dijalankan. Alasannya beragam, dari tidak adanya modal, kurangnya pengalaman bisnis, tidak tahu teknik pemasaran, dan kendala yang menghambat lainnya. Tentu saja namanya kendala untuk memulai setiap bisnis itu ada, walaupun bisnis UKM sekalipun.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai Peluang UKM Yang Menjanjikan di Indonesia.

1. Jualan Kue / Gorengan

Gorengan. Foto : samishare.com
Dengan memiliki modal yang sangat minim, usaha menjual kue gorengan merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang patut untuk dipertimbangkan karena potensinya yang sangat menjanjikan.

Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan masyarakat kita yang tidak sedikit dari mereka begitu gemar makan cemilan khususnya aneka kue gorengan.

Besarnya modal untuk memulai bisnis ini terbilang sangat murah dan cukup terjangkau, karena pada dasarnya peralatan yang diperlukan untuk memasak masih bisa menggunakan perkakas dapur yang sedianya sudah anda miliki sebelumnya.

Kemudian untuk kebutuhan belanja bahan baku kue gorengan juga sangat murah serta cukup mudah didapatkan disekitar kita.

Mungkin minyak goreng adalah salah satu bahan yang bisa dibilang cukup mahal jika anda harus benar benar menggunakannya untuk sekali pakai. Namun kenyataannya masih banyak pedagang gorengan yang bisa menggunakannya berulang kali.

2. Usaha Jualan Jus buah buahan

Warung Jus. Foto : tokopedia.net
Saat ini sudah banyak gerai minuman yang menjajakan khusus menu berbagai jenis minuman dingin atau hangat dengan sensasi rasa coklat yang divariasikan dengan keju, selai, atau beragam topping lainnya.

Begitu juga dengan gerai kecil yang menyediakan berbagai minuman jus buah dengan harga yang sangat terjangkau di kantong anak anak sekolah.

Usaha modal kecil seperti ini banyak juga yang dijalankan dengan sistem franchise atau waralaba dan sangat potensial jika anda bisa menemukan lokasi yang tepat dan strategis seperti di area sekolah maupun area tempat wisata.

Namun tidak sedikit pula mereka yang suskses menjalankan usaha ini dengan menyewa tempat di depan supermarket atau di sekitar area perbelanjaan lainnya.

3. Jualan Mainan Anak anak
Mainan anak-anak. Foto : motzter.com
Kemudian ini juga merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang menguntungkan bahkan seringkali tidak di sadari atau sering di abaikan oleh banyak orang yang pada umumnya lebih memikirkan dan ambisi mengejar peluang bisnis yang justru belum jelas dan pasti bagaimana prospeknya.

Jika anda mendapati lokasi strategis di sekitar sekolah taman kanak kanak ataupun sekolah dasar, berjualan mainan merupakan target yang paling tepat serta sangat berpeluang untuk bisa memberikan penghasilan harian.

Modal usaha ini tergolong sangat kecil dan keuntungannya bisa berlipat apabila anda belanja atau kulak dagangan mainan anak anak langsung dari grosir dengan cara tidak membeli satuan melainkan perbox atau paket.

Kemudian dijual dengan harga eceran yang mana per item mainan minimal adalah kisaran seribu sampai 5 ribu rupiah, sedangkan modal untuk belanja per box dengan isi mainan yang sangat banyak bisa anda peroleh dengan harga yang tentunya akan jauh lebih murah.

4. Produk Kreatif

Produk kreatif. Foto : bantenpos.co
Kemajuan dalam bidang Internet juga berdampak besar pada pengrajin produk kreatif. Bagaimana tidak? Yang dulunya hanya bisa menitipkan produk di toko-toko terdekat untuk memasarkan produknya hanya bisa dititipkan di toko-toko terdekat, kini sudah bisa menggunakan Internet untuk promosinya. Sehingga, produk yang dijual sudah bisa menyebar ke seluruh dunia berkat Internet. Dampak positifnya selain produk semakin dikenal adalah meningkatnya keuntungan dari penjualan.

5. Usaha Jasa Potong Rambut Pria / Barbershop

Barbershop. Foto : barbechic.fr
Tidak perlu membuka salon yang mewah dan lengkap dengan peralatan modern jika ingin membuka usaha jasa potong rambut dengan menggunakan modal yang minim.

Khususnya potong rambut pria, dengan alat yang tidak terlalu rumit seperti halnya salon kecantikan wanita, maka persiapan yang paling penting adalah bagaimana cara anda memilih atau menentukan lokasi tempat usaha yang strategis.

Pemilihan lokasi inilah yang seringkali akan menjadikan kendala bagi para calon pengusaha yang hanya memiliki modal kecil kemudian memaksa mereka harus menyewa lapak atau tempat yang mana harganya sudah tentu mahal dan akan terus naik setiap tahunnya.

Sebenarnya untuk membuka usaha jasa potong rambut pria masih bisa dilakukan di lokasi yang sangat minim meskipun hanya sebatas cukup dipakai untuk duduk pelanggan, menaruh cermin, serta menempatkan peralatan kerja anda.

Yang paling penting ialah kualitas serta kepuasan pelanggan yang harus di utamakan, mengingat hanya dengan cara tersebut anda sekaligus bisa melakukan promosi melalui pelanggan itu sendiri yang akan merekomendasikan jasa anda kepada calon pelanggan lainnya.

Demikianlah pembahasan Peluang UKM Yang Menjanjikan di Indonesia saat ini. Setelah bisnis Anda berjalan, hal lain yang harus Anda pikirkan adalah pengelolaan keuangan yang baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat, Anda dapat lebih mudah mengembangkan bisnis. Terima Kasih.

0 Response to "Peluang UKM Yang Menjanjikan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel