-->

10 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan

10 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan - Mahasiswa adalah kaum intelektual muda yang seharusnya sudah berpikiran dewasa dan mulai memikirkan tujuan hidup.

Mahasiwa harus memiliki skiil yang bisa ‘dijual’ nantinya. Mengingat persaingan dunia kerja semakin ketat dan tak terelakkan. Sebagai contoh saja, kita lihat sarjana banyak yang mengantri untuk menjadi ‘ojek’. Ini tentu sangat memprihatinkan. Ribuan orang berjejal seharian hanya untuk mengikuti tes menjadi seorang ‘ojeker’. Padahal dia adalah seorang sarjana.

Sebagai orang yang berpendidikan tinggi, mahasiswa sebaiknya memanfaatkan masa mudanya untuk hal-hal positif dan tidak hanya bermain. Salah satunya ialah dengan memulai usaha.

Bagi Anda yang masih mahasiswa di suatu universitas, berbisnis semenjak kuliah dapat memberikan Anda bekal pengalaman untuk menghadapi tantangan hidup yang sebenarnya di luar kampus.

Anda juga akan memperoleh penghasilan bulanan untuk membantu orang tua, membiayai kuliah, menambah uang jajan, dan ditabung bagi masa depan. Ini adalah pencapaian yang membanggakan bagi generasi millennial seperti Anda.

Simak beberapa ide bisnis online tanpa modal yang cocok dijalankan oleh mahasiswa berikut ini.

1. Jasa Printing untuk Mahasiswa
Jasa print. Foto : kaskus
  • Peluang bisnis untuk mahasiswa yang pertama adalah membuka jasa printing. Hanya dengan bermodalkan satu buah print seharga Rp. 300.000 sampai Rp. 1.000.000 anda sudah bisa membuka jasa printing di dekat kost-kostan atau dekat kampus.Bisnis modal kecil ini cukup menjanjikan, mengingat ada banyak mahasiswaa yang butuh dengan jasa pengeprintnan di luar sana. Mahasiswa kebanyak memiliki tugas berupa makalah atau laporan praktikum. Ini merupakan peluang usaha untuk anda. Jangan sampai anda lewatkan.Selain rpinter, modal lainnya berupa kerta A4 dengan harga sekitar Rp. 30.000 dan tinta seharga Rp 30.00 perbotol.
2. Jasa les privat
Ilustrasi. Foto : rumahprivat.co.id
  • Anda sudah melewati pendidikan SD sampai SMA. Saat sudah kuliah, coba saja menjadi guru les privat untuk anak sekolah. Anda bisa mengajarkan mata pelajaran yang paling Anda kuasai agar Anda lebih mudah membimbing murid les Anda.
3. Jasa Penulis Freelance
Penulis. Foto : blog.biz.id
  • Menulis bisa memberikan penghasilan bagi mahasiswa yang pandai mengolah kata dan berimajinasi. Anda bisa menjadi penulis freelance untuk mengisi konten website hingga tulisan kreatif seperti puisi dan cerpen untuk dimuat di media massa.
4. Jasa Service Printer untuk Mahasiswa
Servis printer. Foto : clipzui.com
  • Jasa service printer juga menjadi salah satu bisnis untuk mahasiswa yang cukup lumayan, mengingat tidak sedikit printer mahasiswa lainnya yang rusak. Selain menargetkan mahasiswa ktia juga bisa mengincar pasar umum, seperti staf kampus, pegawai kantoran dan sebagainya.Untuk awalnya, anda hanya menuliskan di depan kost buka jasa service printer. Kalaupun anda tidak bisa service printer, anda bisa bekerjasama dengan jasa service printer disekita kampus anda. Karena di sekitar kampus biasanya juga ada penjual printer yang menerima jasa service printer. Jadi sifatnya kerjasama, anda akan diberi harga lebih murah ketimbang pelanggan lainnya.
5. Jasa Pengetikan untuk Mahasiswa
Pengetikan. Foto : kaskus
  • Ide bisnis untuk mahasiswa selanjutnya adalah jasa pengetikan. Tidak semua mahasiswa punya laptop atau punya cukup uang untuk ke warnet tiap hari. Nah, ini bisa kita jadikan sebagai peluang usaha. Kita buka jasa pengetikan. Pengetikan yang bisa kita terima seperti pengetikan skripsi, pengetikan jurnal, makalah, laporan praktikum dan lain sebagainya.
6. Jasa Install Ulang untuk Mahasiswa
Ilustrasi. Foto : net
  • Install ulang termasuk bisnis untuk mahasiswa tanpa modal. Kenapa tanpa modal karena kita tidak butuh biaya untuk memulai jasa ini. Kita menggunakan software yang ada di internet, apalagi kalau kita bisa install ulang yang asli. Kita hanya butuh sebuah CD dan driver laptop, ini pun kalau si empunya laptop tidak membawa driver laptop milik mereka.Biasanya pangsa utama darai jasa install ulang adalah mahasiswi, karena mereka biasanya tidak mau repot dan malas otak-atik komputer dan taaraa, biasanya mereka akan datang ke jasa intall ulang laptop.
7. Blogging
Ilustrasi. Foto : www.khoma.tj
  • Blogging bukan cuma untuk menulis curhatan pribadi, tapi bisa jadi peluang bisnis menarik. Ada banyak blogger berpenghasilan tinggi hanya dengan aktif menulis di blog dengan tema bahasan tertentu. Sehingga tak ada salahnya Anda mulai berkarya di blog sambil mencari uang.
8. Jasa Makeup Artist
Makeup Artist. Foto : obs.line-scdn.net
  • Bagi mahasiswi yang gemar berdandan, daripada hanya sebagai hobi dan foto makeup-nya cuma diunggah di Instagram, maka lebih baik Anda coba profesi makeup artist atau penata rias. Ini bisa jadi usaha yang menjanjikan jika kemampuan Anda dalam merias wajah sangat memukau.
9. Jasa Fotografi dan Videografi
Foto wedding. Foto : oktagon.co.id
  • Anda bisa mengisi waktu luang saat kuliah dengan membuka jasa fotografi dan videografi untuk umum. Ada banyak orang yang membutuhkan fotografer dan videographer untuk mendokumentasikan momen spesial mereka.
10. Jualan Online
Jualan online. Foto : okeinfo.net
  • Peluang bisnis online mahasiswa pertama yang bisa dilakukan ialah membuat toko online. Anda bisa menjual berbagai macam barang, seperti baju, sepatu, makanan, aksesoris, pernak-pernik, dan masih banyak lainnya. Barang online yang Anda buat ini tidak hanya menargetkan kepada teman-teman di kampus saja, namun kepada pelanggan lain yang lebih luas lagi. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur media sosial maupun marketplace tersebut secara maksimal.
Demikian artikle tentang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan. Apakah Anda tertarik? Jika iya, maka pastikan Anda mengatur waktu Anda dengan baik agar aktivitas di kampus dan usaha bisa berjalan beriringan. Terima Kasih.

0 Response to "10 Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel