-->

Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada

Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada - Pemerintah sepertinya mulai menyadari bahwa kunci dalam menggerakkan ekonomi adalah adanya ide kreatif untuk menciptakan usaha dari setiap peluang yang ada di sekitarnya. Oleh karena itulah dibentuk Badan Ekonomi Kreatif untuk ikut mendukung ide kreatif menjadi usaha riil yang punya nilai ekonomi. Ambil contoh saja, GoJek. Siapa sangka profesi tukang ojek yang dulu terdengar kurang elit sekarang menjadi “primadona’ sebagai salah satu transportasi masyarakat setelah di buat dalam bentuk usaha kreatif berbasis teknologi.

Dinamakan bisnis kreatif karena dalam proses pembuatan produk-produknya dibutuhkan kreatifitas sehingga bisa menghasilkan nilai seni dan harga jual yang tinggi. Buat kamu yang tertarik untuk membuka bisnis kreatif. Berikut ini beberapa Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada yang bisa kamu pilih.

1. Kerajinan rotan

Kerajinan rotan. Foto : net
Naiknya US Dollar ternyata tidak selamanya berdampak buruk pada industri bisnis Indonesia. Ada sektor industri yang ternyata malah mendulang untung berlipat akibat dampak kenaikan US Dollar, yaitu kerajinan rotan. Kenapa bisa untung? Karena kerajinan rotan yang dihasilkan akan diekspor ke luar negeri. Perlu kamu ketahui, permintaan akan kerajinan rotan dari negera-negara Eropa dan Jepang ini sangat tinggi.

Tapi bukankah di Indonesia pengrajin rotan sudah banyak? Di Indonesia kerajinan rotan memang sudah banyak pengrajinnya, tapi bentuknya sangat kaku dan itu-itu saja. Oleh karena itu, kamu bisa menjadikan ide bisnis kreatif yang jarang ada ini sebagai peluang untuk berbisnis kerajinan rotan dengan tampilan yang lebih unik seperti bentuk-bentuk karakter tokoh kartun. Harga yang dijual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga jutaan, tergantung dari kerumitan pengerjaan dan ukurannya.

2. Produk Daur Ulang

Produk daur ulang. Foto : bisnisukm.com
Belakangan banyak himbauan untuk ikut serta dalam usaha ramah lingkungan melalui Kampanye Go Green yang dicanangkan oleh berbagai organisasi dan instansi terkait. Anda bisa mengambil peluang ini menjadi sebuah usaha nyata misalnya dengan membuka usaha pembuatan kresek daur ulang, atau kerajinan dari bubur kertas. Keuntungan yang didapat adalah Anda akan terbantu dari sisi promosi dengan adanya kampanye tersebut yang menganjurkan pemakaian barang bekas sebagai bahan utama membuat produk.

3. Barang Antik

Barang antik. Foto : linkbook.org
Jaman yang kian maju ternyata masih menyisakan ceruk bisnis yang belum banyak diketahui orang. Coba lihat saja beberapa kafe modern saat ini yang menyajikan desain barang antik dan nuansa kuno zaman dahulu kala. Bagi Anda pecinta barang antik, coba saja mengadu peruntungan dari penjualan barang tersebut? Barang antik seperti meja tua, lampu lampu, atau gelas adalah barang yang diminati oleh pembeli dengan harga jual yang cukup tinggi.

4. Scrap frame

Scrap frame. Foto : tribunnews
Bisnis scrap book sudah mulai meredup, tapi tidak dengan scrap frame yang keberadaannya sedang menjadi sorotan. Scrap frame merupakan pigura yang dihias dengan aneka latar potongan gambar, foto, dan tulisan tangan yang dipadukan sedemikian mungkin sehingga menghasilakn tampilan 3D yang apik. Scrap frame memadukan kreatifitas seni menggunting dan menempel.

Bisnis scrap frame ini memiliki peluang yang besar karena ada banyak orang yang menjadikannya sebagai hadiah untuk orang terdekat atau membelinya untuk sengaja dijadikan pajangan unik di rumah. Biasanya scrap frame ini dibuat berdasarkan permintaan alias menerapkan sistem PO (pre order) sehingga bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Harga jual per buahnya mulai dari Rp 50.000 hingga ratusan ribu, tergantung bahan yang digunakan.

5. Jasa Fotography

Jasa fotography. Foto : oktagon.co.id
Anda yang mencintai dunia photograpy, bisa memanfaatkan keahlian anda untuk membuat jasa poto di acara. Peluang ini sangat besar mengingat jarang orang yang memahami dunia ini. Dokumentasi poto bisa sangat penting mengingat orang selalu membutuhkan kenang kenangan untuk satu momen, semisal pernikahan. Anda juga bisa beriklan tentang jasa anda di media social agar semakin banyak menjaring clien.

Demikianlah artikel tentang Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada yang bisa kamu jadikan inspirasi. Jangan lupa kibarkan semangat wirausaha pada masyarakat. Tetap bekerja keras dan mengembangkan ide yang kreatif ya. Selamat berwirausaha!

0 Response to "Ide Bisnis Kreatif Yang Jarang Ada"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel