-->

Peluang Usaha Rumahan di Desa

Peluang Usaha Rumahan di Desa - Desa merupakan tempat yang kaya akan sumber daya yang belum banyak dimanfaatkan. Maka peluang usaha rumahan di desa harus bisa kita peras manfaatnya dengan baik oleh masyarakat.

Akan tetapi masyarakat desa kadang lebih memilih untuk hijrah ke kota untuk mengubah nasib mereka. Walaupun tidak semuanya berhasil bahkan ada yang kurang beruntung.

Perlu diketahui juga tidak sedikit masyarakat kota yang berpindah ke desa demi mendapatkan peruntungan. inilah mengapa kita harus memunculkan ide ide untuk membuat inovasi dalam usaha rumah.

Tak usah kuatir jika anda belum mempunyai ide peluang usaha rumahan di desa yang akan dijalankan. Dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa ide yang mungkin bisa anda terapakan untuk usaha anda di desa.
Berikut Peluang Usaha Rumahan di Desa Yang Menguntungkan

1. Penjualan Aneka Bibit Tanaman

Bibit Pinang. Foto : Net
Di desa masyarakatnya sangat suka sekali dengan berkekebun maupun bertani, bahakan ada yang menjadikanya sebagai mata pencaharian.

Kadang kadang orang desa juga mengikuti trend tentang tanaman apa yang sedang banyak ditanam di wilayah. Contohnya saja di daerah admin sedang ngetrend pohon kelengkeng yang sedang banyak ditanam.

Nah ini dia munculah peluang usaha rumahan dengan yang pasti menguntungkan. Mungkin anda bisa berjualan didepan rumah anda karena bisnis ini tidak banyak memerlukan banyak tempat.

Jika anda ingin lebih menguntungkan berjualanlah dipasar tradisioanal. Karena disinilah banyak orang luar daerah yang berdatangan untuk berbelanja.

2. Bisnis Kuliner

Usaha Kuliner. Foto : simplyecho.ne
Untuk peluang usaha yang satu ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya baik itu di desa maupun perkotaan. Karena dimana pun manusia hidup pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Dalam membuka usaha bidang kuliner di pedesaan tentunya sedikit berbeda dengan yang ada di perkotaan. Berbagai pertimbangan perlu anda catat untuk memperlancar usaha anda.

Beberapa pertimbangan yang paling sering terjadi adalah daya beli masyarakat dan jenis kuliner yang sesuai dengan pasar sekitar.

Banyak sekali jenis makanan yang bisa anda kembangkan menjadi bisnis kuliner yang cukup menjanjikan. Contoh usaha rumahan bidang kuliner yaitu kue tradisional.

Anda juga jangan terpaut hanya berjualan di rumah atau outlet saja. Dengan sekarang yang zaman sekarang yang serba online anda dapat memanfaatkan peluang ini menjadi lebih lebar.

Di desa sekarang juga sedang menjamur berbagai cafe atau semacam tempat nongkrong yang banyak dikunjungi anak muda. Bahkan tak hanya anak muda semua umur juga senag berkunjung tempat ini untuk sekedar berkumpul dan menikmati makanan yang sediakan.

Apalagi ditambah dengan beberapa fasilitas seperti wifi pasti cafe anda akan selalu ramai pengunjung.

3. Bisnis Budidaya Daya Ikan

Budidaya Ikan. Foto : net
Selain bidang pertanian dan perkebunan masyarakat desa suka sekali dengan beternak. Berbagai macam hewan dapat dibudidayakan di desa mulai dari mamalia, ikan, hingga burung. Jadi anda tinggal pilih jenis hewan yang akan dibudiyakan.

Ada berbagai tujuan orang desa beternak, yang hanya untuk hobi, ada yang untuk mengisi waktu luang, bahkan untuk dijadikan penghasilan juga ada.

Salah satu diantara banyak hewan budidaya ikan merupakan komoditas yang cukup menggiurkan untuk peluang usaha rumahan di desa.

Budidaya ikan sendiri terbilang cukup mudah serta tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup mempunyai lahan yang bisa di tempati sebagai kolam budidaya ikan.

Jangan bingung memilih jenis ikan apa yang akan anda budidayakan karena ada beberapa ikan yang mudah secara perawatan dan pasarnya cukup digemari. Beberapa diantaranya adalah ikan lele, ikan nila, dan ikan mas.

Untuk memasarkan jenis jenis ikan tersebut juga tidak sulit, anda bisa menjualnya ke pengepul langsung. Bisa juga restoran terdekat atau juga bisa menjualanya langsung dipasar tradisional sekitar.

4. Budidaya Ayam dan Bebek

Ternak Ayam. Foto : net
Sama halnya dengan budidaya ikan budidaya ayam atau sangat cocok diterapkan di desa. Karena kita tahu sendiri bahwa beternak kedua unggas ini memerlukan tempat yang lumayan.

Beternak unggas juga tidak terlalu rumit cukup diperlakukan dengan benar maka hasil panennya akan lumayan. Dari ayam saja kita bisa memilih untuk membudidayakan ayam petelur atau yang pedaging.

Kadang kadang masyarakat desa hanya memelihara ayam untuk hobi saja. Namun kini juga sudah cukup banyak yang mulai membudidayanya untuk diperjual beli.

Begitu juga dengan bebek, namun bebek mempunyai nilai jual yang lebih pada telurnya. Mungkin juga anda juga bisa mengolah sendiri untuk dijadikan telur asin yang lebih bernilai untuk dijual.

Mungkin peliharaan ayam sedikit diperhatikan karena harus diberikan vaksin supaya ayam terhidar dari penyakit. Lain halnya dengan bebek yang cenderunglebih tahan terhadap penyakit walaupun jika diberi vaksin juga lebih baik.


0 Response to "Peluang Usaha Rumahan di Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel